RAKER LKP HMI : RESTRUKTURISASI, RAWAT LOYALITAS KADER DAN KOLEKTIF KOLEGIAL TEAMWORK


PAMEKASAN (hmiuim05.blogspot.com) -- Kurang lebih lima hari dari Upgrading,  Lembaga Kajian Dan Penelitian Himpunan Mahasiswa Islam (LKP HMI) Komisariat Istiqlal Universitas Islam Madura (UIM) Pamekasan menggelar Rapat Kerja (RAKER) Satu Kepengerusan periode 2019-2020 di Kediaman Ketua LKP HMI Komisariat Istiqlal UIM dusun Bligih 2, desa Plakpak, kecamatan Pegantenan,  kabupaten Pamekasan,  kemarin (3/10/19).

RAKER tersebut dihadiri oleh Pengurus Komisariat, PPPA, Demisioner LKP HMI Komisariat Istiqlal UIM, dengan mengangkat tema 'Restrukturisasi Dengan Merawat Loyalitas Kader Dalam Mengukuhkan Tujuan HMI', Ketua LKP, A. Hendra Purnomo berharap setiap Koordinator per-Bidang LKP mampu menjaga solidaritas, menjaga loyalitas sesama anggota atau kader, kerja sama dan sama kerja sesuai bidangnya masing-masing.  

"Setiap koordinator bidang dan anggota tetap solid, merawat loyalitas antar sesama anggota di bidangnya masing masing, dan juga saling kerja sama dan sama kerja sesuai bidangnya," ucap Ketum LKP, kerap disapa Hendra, dalam sambutannya. 

Di lembaga semiotom dari HMI Komisariat Istiqlal UIM dibawah naungan Kabid. PPPA tersebut terdiri dari lima bidang. Diantaranya, Bidang Kajian,  Bidang Pengembangan Anggota (PA),  Bidang Penelitian, Bidang Pengembangan Intelektual (PI), dan Bidang Literasi dan Pengembangan (LITBANG). Hendra menganjurkan setiap bidang memiliki tiga sampai lima program kerja yang siap diterapkan dan diajukan kepada peserta RAKER.  Dan dia tidak akan menghalangi, jika ada program baru yang mau dilaksanakan sebelum berakhirnya kepengurusan sebagai program tambahan setiap bidang. 

"Barangkali sudah saya sampaikan saat upgrading beberapa hari lalu, setiap bidang tidak usah banyak-banyak membuat program kerja, cukup tiga sampai lima program kerja saja.  Yang penting itu semuanya berjalan.  Jika program kerja yang diajukan sudah terlaksana semua.  Tidak apa-apa jika mau menambah program lagi," lanjutnya,  pria semester 3 Fakultas Teknik,  Prodri Teknik Infomasi tersebut.  

LKP periode 2019-2020 kali ini,  terdapat salah satu anggota dari STIBA Pamekasan.  Anggota LKP yang dari UIM sendiri dianjurkan oleh Hendra untuk tetap saling menjaga kekeluargaannya, meski beda kampus, tetap saudara di HMI. Sebagaimana tagline di HMI "Berteman lebih dari saudara", saling tegur sapa, di sosial media maupun dunia nyata.  Demi merawat loyalitas kader dalam mengukuhkan tujuan HMI.  

"Di LKP kali ini, sebagaimana kita ketahui bersama anggotanya tidak hanya dari UIM,  salah satu anggota yang dari STIEBA Pamekasan.  Saya harap teman-teman LKP yang dari UIM khususnya, sebagai tuan rumah, meski kita beda kampus, di HMI kita tetap saudara sebagaimana tagline HMI,  'berteman lebih dari saudara' demi merawat loyalitas dalam mengukuhkan tujuan HMI." Pungkasnya.  

Kanda Nur Laily, Ketua Umum HMI Komisariat Istiqlal UIM, dalam sambutannya ada berapa hal yang disampaikan kepada Pengurus LKP mampu untuk membagun terobosan baru dalam RAKER LKP kali ini dengan melakukan perbaikan-perbaikan sistem dengan memahami visi dan misi HMI dan teori daming dan teori swot serta tahun ini dan kedepannya bersinergi sesama lembaga dan komisariat serta pengurus harus kolektif kologial. 

"Pertama, bagaimana pengurus LKP mampu mewujudkan terobosan baru dalam RAKER-nya, tentu melakukan perbaikan-perbaikan disitem, dan tehnisnya. Caranya adalah fahami visi dan misi HMI, kemudian fahami teori daming, dan teori swot, maka insyaAllah akan membawa progresif. Kedua,  bagaimana pengurus LKP tahun ini, dan kedepannya bersenergi sesama lembaganya dan komisariat, dan pengurus harus kolektif kolegial artinya TEAMWORK," papar pemuda asal Kabupaten Sumenep kepada para peserta RAKER. 

Ia pun menjelesakan, dan kepanjangan dari TEAMWORK yang dipaparkan, dan juga harapan besarnya, Kader HMI Komisariat Istiqlal UIM siap menghadapi tantangan era digitalisasi sebagai saat ini,  dan mampu menyesuaikan zaman sesuai prosesnya.  

"(Kepanjangan dari TEAMWORK, red) T yaitu thogetherness artinya bersama mencapai tujuan. E, entushiasm, semangat yg luar biasa. A, appreciation, apresiasi kerja organisasi. M, maturity, kedewasaan diri. W, warrior, semangat pantang menyerah. O, organizer, terorganisir dari keseluruhan agenda. R, reaponsibility, tanggung jawa dan dapay dipercaya. K, kindness, rendah hati, suka menolong dan tidak sombong," jelasnya kemudian. 
"Dan yang ketiga, harapan kader HMI UIM, siap menhadapi tantangan diera digital dan mampu menyesuaikan zamanya dalam berproses." Pungkasnya.  

Kanda Atiqurrahman,  Anggota MPKPK,  sebagai pemantik orasi. Sangat mengapresiasi atas tema yang diangkat pada RAKER kali ini,  kesusian dengan keadaan LKP sebelumnya. Pengurus LKP saat ini,  mampu merestrukturisasi dan menjaga loyalitas atau kecintaan terhadap LKP.  

"Awal mula didirikannya LKP,  memang ada beda pendapat diantara pengurus.  Terdapat perdebatan dan yang memusyawarahkan akan berdidirinya LKP selama satu minggu.  LKP didirikan bukan untuk menjadi pesaing komisariat melainkan menjadi kepanjangan tangan atau pembantu untuk memperkenalkan HMI kepada mahasiswa. 

Akhirnya terbentuk juga,  dan periode pertama tahun lalu, ketuanya, Siti Jalilah.  Memandang pada kepengurusan tahun sebelumnya tema sekaran ini sangat pas,  karena yang saya ketahui, kepengurusan LKP (demisioner, red) masih remang-remang. Restrukturisasi, dan menjaga loyalitas atau kesetiaan kader dalam mengukuhkan tujuan HMI," ucapnya.  

RAKER berakhir pukul 19.15 WIB disebabkan molornya waktu, yang semulanya akan dimulai pukul 9.00 WIB sebagaimana pemberitahuan di famplet. Akhirnya dimulai pukul 10.45 disebabkan ada peserta RAKER yang dikenak hujan,  dan kendala lainnya sehingga menyebabkan harus diundur (ahp/cha)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama