HMI Komisariat Istiqlal UIM (Internal, Ekternal) III


Istiqlal Blog - HMI Komisariat Istiqlal UIM
HMI Komisariat Istiqlal UIM
Permasalahan Internal  meliputi :

  1. Semangat dan antusiasme kader yang semakin hari semakin menurun menjadi hambatan utama jalannya roda organisasi dan program kerja komisariat, dari sekian banyaknya program kerja yang di canangkan pada RAK tak jarang banyak program kerja yang tidak terealisasi dan itu menjadi tugas utama pengurus HMI Komisariat Istiqlal UIM untuk memotifasi kader agar tekun dalam berproses dan mengikuti seluruh kegiatan Komisariat.
  2. Kurangnya komunikasi dan koordinasi antar pengurus dan kader dilingkungan komisariat menyebabkan kerenggangan ikatan silaturrahmi dan keharmonisan sesama kader dan tak ayal berpotensi terjadinya konflik karena miss communication yang berakibat terhadap keretakan Internal komisariat, diakui atau tidak, kader HMI komisariat Istiqlal UIM kini justru terjebak dalam iklim pragmatisme politik di lingkungan partai politik dan birokrasi. Apalagi, pertarungan politik dalam negeri saat ini lebih didominasi oleh konflik kepentingan.
  3. Minimnya budaya diskusi dan tak tentunya kajian rutin yang sangat mempengaruhi kualitas intelektual setiap anggota belum lagi kurangnya kesadaran kader akan manfaat diskusi dan justru permasalahan ini semakin memprihatinkan ketika setiap perkumpulan topic yang lahir hanyalah candaan dan pembicaraan seputar romantisme yang sama sekali tidak bermanfaat bagi anggota. 
  4. Merasuknya budaya hedonisme pada setiap kader Himpunan Mahasiswa Islam Komisariat Istiqlal UIM dan hidup yang serba mewah berdampak kepada pola pikir setiap kader untuk berfikir pragmatis dan melupakan kebiasan hidup sederhana dan bersahaja seperti yang di anjurkan dalam Islam. 
  5. Kurang fokusnya setiap pengurus akan tugas pokok dan fungsi di masing-masing bidang membuat laju organisasi terseok-seok dan terkesan bertumpu pada ketua  umum dan kepala bidang masing-masing.
 By: Imam Hafas (Kabid PTKP HMI Komisariat Istiqlal UIM) 

Istiqlal Blog  - HMI Komisariat Istiqlal UIM 
Permasalahan Eksternal, meliputi:
  1. Konflik antara HMI dengan organisasi mahasiswa ekstra lain sebagai efek dari politik praktis di kampus hal ini mungkin layak di letakkan di urutan pertama permasalahan eksternal HMI Komisariat Istiqlal UIM. Tidak heran, jika kemudian HMI terjebak dalam arus tradisi organisasi mahasiswa yang berorientasi untuk kelompoknya masing-masing dan berpengaruh terhadap citra HMI di kalangan mahasiswa. 
  2. Diakui atau tidak, kader HMI Komisariat Istiqlal UIM kini justru terjebak dalam iklim pragmatisme politik di lingkungan partai politik dan birokrasi. Apalagi, pertarungan politik dalam negeri saat ini lebih didominasi oleh konflik kepentingan. Situasi ini sangat berbeda sekali dengan situasi sosial-politik yang pada waktu itu yang lebih didominasi oleh persaingan ideologi, Inilah yang melemahkan proses penyelenggaraan organisasi sehingga mengesampingkan aspek perkaderan. 
  3. Kurangnya partisipasi Mahasiswa baru dalam ajang rekrutmen kader seperti maperca dan LK-1 karena kebanyakan mahsiswa baru beranggapan bahwa organisasi eksternal kampus hanya akan menghambat proses belajar di Universitas dan pandangan miring mahasiswa baru terhadap organisasi ekstra kampus. 
  4. Kurang produktifnnya kader HMI Komisariat Istiqlal UIM di lingkungan Universitas seperti keikutsertaan kader HMI dalam organisasi intra kampus hal ini menyebabkan nama besar HMI meredup karena tidak ada kader yang mampu memberikan kontribusi nyata dalam kegiatan akademik universitas contohnya dibidang kepenulisan.
  5. Banyaknya kader Himpunan yang mengabaikan proses perkuliahan dan melupakan statusnya seorang Mahasiswa yang berpegang teguh terhadap Tri Darma Perguruan Tinggi. 
  6. Merebaknya isu negatif dikalangan mahasiswa bahwasanya HMI adalah muhammadiyah dan Liberal menyebabkan kebanyakan mahsiswa enggan masuk dalam organisasi HMI karena mahasiswa baru beranggaan HMI sebagai sekte atau aliran yang menyesatkan hal itu juga di perburuk oleh kurangnya sosialisasi secara persuasive dari kader HMI kepada mahasiswa baru tentang pengenalan HMI.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama