Organisasi Membatasimu dalam Berteman. LOH KOK BISA???

IstiqlalBlog- Selain untuk tujuan menambah Ilmu pengetahuan saya ikut organisasi juga untuk memperbanyak teman dan jaringan, bagi saya semakin banyak teman dan jaringan maka semakin mudah saya menjalani kehidupan ini. Oleh karena itu jangan menafikkan diri bahwa dalam menjalani laju kehidupan ini kita akan saling membutuhkan satu sama lain, dan oleh sebab itu jangan pernah memilih teman dan membatasi diri untuk berteman dengan siapapun bahkan meski dengan orang-orang yang tidak berpendidikan sekalipun. 

Dalam tulisan saya ini tidak ada maksud memojokkan atau menuduh organisasi lain, tetapi lebih kepada cara oknum-oknum kader yang hanya bertujuan untuk kepentingan pribadinyan dan bukan untuk mewujudkan tujuan dari organisasinya. Pendapat dalam tulisan ini saya dapatkan dari hasil pegamatan selama empat tahun berproses di Organisasi Intra dan Ekstra Kampus.
Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia organisasi adalah sekelompok kerjasama antara orang-orang yang diadakan untuk tujuan bersama. Jadi organisasi itu bisa mencapai tujuannya jika dikerjakan oleh sekelompok orang-orang yang dapat menyatukan kerjasama untuk mencapai tujuan sebuah organisasi.

Untuk tercapainya tujuan organisasi, khususnya organisasi ekstra kampus banyak cara di lakukan oleh kader-kader yang sudah lebih dulu aktif di dalam organisasi, mulai dari persaingan dalam bidang keilmuan sampai pada cara menarik minat calon anggota untuk masuk organisasinya. dari banyaknya cara yang dilakukan inilah terkadang para kader organisasi melupakan definisi dari organisasi yaitu sekelompok kerjasama dan untuk tujuan bersama. Yang mana tujuan akhir dari setiap orgnisasi khusus organisasi kemahasiswaan yang berlabelkan Islam adalah untuk membela Islam dari dari ideologi-ideologi yang akan merusak akidah dan ketauhidan seorang muslim. 

Ada sebuah fakta yang saya temukan dalam perjalanan saya berproses di organisasi ekstra kampus. Dan fakta ini cukup mengejutkan bagi saya karena ada beberapa kader sebuah organisasi yang dalam proses untuk mencari calon anggotanya sampai harus mendoktrin untuk tidak bergaul dengan mahasiswa yang tidak satu organisasi dengan kader tersebut. Dan faktanya kawan-kawan mahasiswa yang sudah terkena doktrin ini harus membatasi diri dengan teman-temannya bahkan teman yang memang sudah bersahabat sejak berada di bangku sekolah sekalipun jika tidak berada dalam satu organisasi yang sama dengannya dia juga membatasi diri dalam berkomunikasi sampai pergaulannya. Apakah ini tujuan organisasinya ataukah ini hanya sebuah strategi dalam mewujudkan tujuan organisasinya?

Sejatinya berorganisasi selain untuk menuntut Ilmu juga untuk menambah pertemanan, baik dalam lingkaran organisasinya ataupun di lingkaran organisasi lain, dan Saya rasa sebuah ajakan atau doktrin dan pengenalan organisasi yang seperti itu salah bagi calon anggota yang ingin bergabung dalam lingkaran organisasi, karena setiap calon anggota mempunyai hak dan kemerdekaan untuk memilih organisasi mana yang sesuai dengan tujuan pribadi dan tujuan ke-Islaman yang dianutnya.

Disini Kita Harus Berteman Labih Dari Saudara” selogan ini yang sering kita ucapkan dalam setiap pertemuan kita, karena kita yang berkumpul dalam lingkaran organisasi ini mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk memperbanyak teman dan saudara. Dan dari selogan itu membuat kita tidak pernah memilih dan membatasi dalam pertemanan dimanapun kita berada.

Kurang lebih satu tahun setengah saya aktif dalam salah satu organisasi ekstra kampus yaitu HMI dan saya sebagai kader tidak pernah di ajarkan doktrin-doktrin dalam mengajak calon-calon anggota untuk ikut bergabung dalam organisasi kami, kami hanya di ajarkan untuk mengenalkan organisasi dan menceritakan sejarah keorganisasian HMI, setelah itu saya pasrahkan kepada mereka masing-masing untuk memilih karena mereka berhak atas kemerdekaan individunya untuk memilih.

Lafran Pane salah seorang tokoh pendiri HMI menyampaikan bahwa “Kita diajak untuk ber-HMI bukan untuk di perintah kita diajak ber-HMI untuk berfikir bergerak tanpa diperintah, itulah ciri kader HMI yang menjaga Independensinya”. Jika kita masih diperintah lalu dicekoki dengan doktrin-doktrin yang sudah membuat kita tidak bergerak dan membatasi kemerdekaan independen dalam ber-organisasi kita, lebih baik keluar karena kita tidak akan pernah mencapai tujuan pribadi ataupun tujuan organisasi itu sendiri, karena kita selamanya akan menjadi individu yang dibatasi dan diperintah untuk tujuan peribadi dari yang membatasi dan yang memerintah tersebut.

HMI ini merupakan Organisasi Kemahasiswaan tertua dan satu-satunya organisasi kemahasiswaan yang Independen. Selama 70 Tahun HMI mampu menjaga Independensinya karena HMI bukanlah Underbow dari Partai Politik ataupun Ormas Islam yang ada di Indonesia. Dan dalam perjalanan sejarahnya HMI mampu mencetak kader-kader yang berkualitas seperti Nurcholish Madjid (Cendikiawan Muslim Indonesia), Munir (Aktivis HAM), AhmadWahib (Pemikir dan Pembaru Islam asal Madura), Jusuf Kalla (Wakil Presiden RI), Anies Baswedan (Gubernur Jakarta), masih banyak lagi kader-kader HMI yang juga ikut berjuang untuk agama dan bangsa karena salah satu dari tujuan HMI didirikan untuk turut mempertahankan Republik Indonesia kedalam dan keluar, serta ikut memperhatikan dan mengusahakan kemakmuran rakyat Indonesia.

HMI Merupakan Organisasi Pengkaderan dan perjuangan yang ber-Asas Islam, tujuan HMI adalah “Terbinanya Insan Akademis, Pencipta, Pengabdi yang Bernafaskan Islam dan Bertanggung Jawab Atas Terwujudnya Masyarakat Adil Makmur Yang Diridhai Allah Subhanahu Wata’ala”. Dan tujuan HMI ini sangat sesuai dengan Peran dan Fungsi mahasiswa sebagai Agent of Change, Agent of Control, Iron Stock, dan Moral Force.

Kesimpulan dari tulisan saya, di manapun kalian berorganisasi jangan pernah mau di doktrin dan diusik kemerdekaan individu kalian. Pilihlah organisasi yang benar-benar manjaga independensi dari setiap kadernya karena dengan itu kesuksesan individu dan kesuksesan dalam ber-organisasi dapat diraih. Yakinlah bahwa Usaha berproses dalam organisasi akan Sampai pada kesuksesan yang diinginkan.

Mari kita perbanyak teman dengan ikut organisasi dan hanya di HMI Kita Berteman Lebih Saudara. 

Penulis : Al Rozy -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama