Yuk Daftar HMI

IstiqlalBlog- Apa kabar para mahasiswa baru Universitas Islam Madura? 
Selamat kalian sekarang sudah resmi menjadi mahasiswa di kampus hijau Universitas Islam Madura setelah melalui beberapa proses agar kalian bisa lulus dan diterima di kampus UIM. kalian harus mengikuti beberapa tes, mulai dari tes tulis sampai harus mengikuti masa-masa orientasi yang sangat melelahkan, tapi jangan pernah patah semangat karena kelelahan, karena lelah pada waktu orientasi itu masih proses awal untuk kalian, kalian masih akan menemukan banyak kelelahan lain pada saat kalian nanti sudah aktif di perkuliahan. Kalian akan bertemu banyak tugas, dan dosen-dosen yang metode mengajarnya berbeda-beda.

Mungkin ucapan selamatnya saya selesaikan dulu karena pada tulisan saya kali ini saya tidak hanya ingin mengucapkan selamat bagi kalian, tapi saya juga akan memperkenalkan sebuah organisasi yang menurut saya organisasi ini sangat perlu untuk kalian ikuti, yaitu HMI atau Himpunan Mahasiswa Islam.

Pada tulisan saya sebelumnya saya sudah menjelaskan peran dan fungsi mahasiswa, yang kesimpulannya mahasiswa harus mampu menjadi aktor utama dalam memberi contoh dan mampu menjadi pengontrol bagi perubahan yang terjadi di lingkungannya. Agar mampu menjadi insan akademis, pembina, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang di ridhai Allah Subhanahu Wata'ala, dan upaya untuk mewujudkan itu semua kalian membutuhkan kemampuan memimpin dan berkomunikasi yang mana kemampuan ini tidak di pelajari di bangku kuliah. Karena kemampuan ini hanya bisa didapatkan apabila kalian bisa ikut dan turut serta secara aktif dalam sebuah organisasi, baik itu organisasi Intra kampus ataupun Ekstra kampus.

Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) merupakan organisasi ekstra kampus tertua dan terbesar sepanjang sejarah Indonesai, organisasi HMI didirikan di Yogyakarta yang diprakarsai oleh Lafran Pane pada tanggal 05 Februari 1947 atau dua tahun setelah kemerdekaan RI, pada awal pembentukannya HMI bertujuan untuk mempertahankan dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia, dan bertujuan menegakkan dan mengembangkan ajaran Islam.

Selain dari dua tujuan di atas, ada beberapa faktor latar belakang didirikannya HMI diantaranya, faktor penjajahan belanda atas indonesia dan tuntutan perang kemerdekaan. Meski Indonesia merdeka pada tahun 1945 penjajahan Belanda masih belum selesai kerena pada tahun-tahun setelah kemerdekaan Belanda masih menguasai aspek-aspek dalam kehidupan. misalnya aspek pemerintahan, aspek politik, aspek hukum, aspek ekonomi, aspek pendidikan, aspek kebudayaan, dan aspek keagamaan.

Kondisi ummat Islam di Indonesia juga menjadi faktor HMI didirikan. yang mana pada saat itu sebagian besar umat Islam Indonesia melakukan ajaran Islam itu hanya sebagai kewajiban yang diadatkan saja contohnya dalam upacara perkawinan, kematian dan kelahiran. ada juga golongan alim ulama dan pengikutnya yang mengenal dan mempraktekkan ajaran Islam sesuai dengan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dan juga terpengaruh oleh mistikisme yang menyebabkan mereka berpendirian bahwa hidup ini adalah untuk kepentingan akhirat saja. dan sebagian dari golongan ini mencoba menyesuaikan diri dengan kemajuan jaman dan berusaha supaya agama Islam itu benar-benar dapat dipraktekkan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia.

Faktor lain yaitu dikarenakan kondisi perguruan tinggi dan dunia kemahasiswaan. yang mana sistem pendidikan yang di terapkan pada saat itu adalah sistem pendidikan barat yang mengarah kepada sekularisme yang mengandalkan agama disetiap aspek kehidupan. adanya organisasi kemahasiswaan yang ber-afiliasi dengan Partai Komunis Indonesia menyebabkan timbulnya krisis keseimbangan yang sangat tajam, yakni tidak adanya keselarasan antara akal dan kalbu, jasmani dan rohani, serta pemenuhan antara kebutuhan dunia dan akhirat.

Jadi, untuk kawan-kawan mahasiswa yang masih belum mendaftar HMI ayo segera daftarkan diri kalian karena selain HMI bertujuan dan ikut serta dalam menegakkan dan memperjuangkan agama Islam, di dalam sejarahnya HMI juga ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia, HMI juga ikut angkat senjata pada saat kejadian G 30 S / PKI, dan HMI juga ikut serta dalam membangun Indonesia di semua lini.jangan ragu-ragu lagi, ayo segera daftarkan diri kalian dan ikut bersama kami HMI Komisariat Istiqlal UIM untuk memperjuangkan agama Islam dan Negara Republik Indonesia.

Penulis : Al Rozy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama