Selamat Datang Mahasiswa Baru Universitas Islam Madura

IstiqlalBlog- Selamat datang kepada para peserta Ta'aruf Study Kampus (TASKA) dan Calon Mahasiswa baru di kampus hijau Universitas Islam Madura, Satu-satunya Universitas di Madura yang berbasis Pondok Pesantren. Selamat kalian akan memasuki babak baru, babak-babak yang tidak akan pernah sama pada saat kalian berada di bangku sekolah. Ingat kalian bukan anak SMA lagi, kalian sekarang adalah mahasiswa, mahasiswa yang akan di beri tiga tanggung jawab besar, agent of change, agent of control, dan iron stock.
Mahasiswa sebagai agent of change (Agen Perubahan), mahasiswa diharapkan untuk menjadi agent yang siap membuat suatu perubahan baik dilingkungan kampus ataupun di lingkungan bermasyarakat. Karena mahasiswa adalah jembatan bagi masyaraka dengan pemerintah.
Mahasiswa merupakan kaum intelek yang bagus dan juga pemikir yang matang, sehingga diharapkan membawa perubahan yang pasti dalam bersosial dan juga bernegara. Kesadaran dalam bersoisal dan bernegara akan membawa pada perwujudan mahasiswa sebagai agent of change.

Mahasiswa sebagai agent of control (Agen Pengontrol) atau generasi pengendali mahasiswa diharapkan mampu mengendalikan perkembangan sosial yang terjadi dilingkungan sekitarnya. Maka dari itu mahasiswa harus cerdas dalam menyikapi perubahan yang terjadi dilingkungannya, karena pintar secara akademik saja tidak cukup untuk menjadi agent pengentrol.

Mahasiswa juga harus pintar dalam bersosialisasi, diharapkan mahasiswa bisa dan mampu mengkritik, memberi saran dan juga memberi soslusi ketika kedaan sosial sudah tidak sesuai dengan cita-cita dan tujuan bangsa dalam bernegara. Kepekaan, kepedulian, dan kontribusi merupakan bekal bagi mahasiswa untuk menjadi agent pengontrol agar mahasiswa bisa dan mampu melakukan hal yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Mahasiswa sebagai Iron Stock (Generasi Penerus), mahasiswa merupakan aset berharga bagi bangsa dan negara, karena mahasiswa adalah generasi penerus bangsa yang akan menjadi tulang punggung bangsa di masa yang akan datang, oleh karena itu lakukan hal terbaik pada dalam dunia kemahasiswaannya, karena akan sangat disayangkan sekali apabila dunia kemahasiswaannya tidak di manfaatkan dengan belajar dan melakukan hal yang bermanfaat.
Mahasiswa sebagai Moral Force (Gerakan Moral), sebagai tulang punggung bangsa yang diberikan tanggung jawab yang besar maka sepantasnya Mahasiswa harus mempunyai moral yang ideal karena ini merupakan bekal untuk menjaga nilai-nilai moral yang ada di masyarakat.
Mahasiswa harus mampu menjadi aktor utama dalam memberi contoh dan mampu menjadi pengontrol bagi perubahan yang terjadi di lingkungannya. Agar mampu menjadi mahasiswa pembina, pencipta, pengabdi, yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang di ridhai Allah Subhanahu Wata'ala.

Penulis : Al Rozy -

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama