MAHASISWA ISLAM

IstiqlalBlog- Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) adalah organisasi yang mempunyai berbagai aspek. Dimana aspek yang ada merupakan aspek untuk bagaimana para kadernya mampu memahami isi dari HMI itu sendiri. Yang salah satunya adalah tentang situasi perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Melihat akan latar belakang berdirinya Himpunan Mahasiswa Islam, yang didirikan oleh Lafran Pane pada tahun 1947. Himpunan Mahasiswa Islam dikatakan sebagai organisasi tertua kemahasiswaan yang ada di Indonesia. Karena melihat dari tahun berdirinya HMI yaitu 1947 sampai sekarang tahun 2017 (70 tahun). Alangkah banyaknya perjuangan yang dilalui oleh Himpunan Mahasiswa Islam.

Mengacu pada Nilai-Nilai Dasar Perjuangan yang menjadi acuan tentang dasar-dasar pemikiran yang dicetuskan oleh CakNur pada waktu perumusan Nilai-Nilai Dasar Perjuangan. Yang mana NDP itu harus dan mampu dikuasai oleh kader Himpunan Mahasiswa Islam. Nilai-Nilai Dasar perjuangan (NDP) adalah sebuah rumusan dari seorang pelopor di organisasi Himpunan Mahasiswa Islam. Yaitu Cak Nur Kholis Majid, yang dikenal dengan sebutan CakNur.

Keberadaan Nilai-Nilai Dasar Perjuangan mengharuskan seluruh mahasiswa yang tergabung dalam organisasi HMI untuk bisa memahami akan terbentuknya NDP itu sendiri. Yang didalam isinya adalah tentang dasar-dasar kepercayaan, dasar tentang kemanusiaan, kemerdekaan manusia (ikhtiar) dan keharusan universal (taqdir), ketuhanan yang Maha Esa dan perikemanusiaan, individu dan masyarakat, keadilan sosial dan keadilan ekonomi dan kemanusiaan dan pengetahuan.

Berbicara tentang masalah kepercayaan yang ada didalam NDP, memberikan arti yang luas. Karena pada hakikatnya sebuah kepercayaan yang tertanam dalam diri manusia itu berbeda-beda. Justru dengan adanya dasar-dasar kepercayaan yang rumuskan dalam HMI ini. Membuat semua orang berfikir untuk bagaimana diri seseorang mampu menjabarkan tentang masalah kepercayaan itu. Berkaitan dengan apa yang menjadi azas didalam HMI yaitu pasal 3 bahwa HMI berazaskan Islam. Yang semua itu, pasti akan mengarah terhadap keyakinan kepada Tuhan yang Maha Esa.

Kepercayaan seseorang terhadap Tuhan yang Maha Esa. Memberikan arti yang sempit, dengan arti lain kepercayaan seseorang itu hanya tertuju pada Allah SWT. Percaya akan kekuasaan-Nya dan percaya segala-Nya. Kader Himpunan Mahasiswa Islam yang berlable Islam harus mempunyai keyakinan terhadap Tuhan-Nya. Karena tidak memunafikkan hal itu adalah keharusan dan kewajiban bagi setiap kader dan setiap umat Islam. Umat Islam yang berada dalam dunia kampus, yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam harus bisa memahami dan mengartikan tentang Nilai-Nilai Dasar Perjuangan yang telah tertulis diatas.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama